Alasan Untuk Memainkan Brave Frontier

gamesandroid.org – Jika kamu aktif dalam dunia mobile gaming pasti setidaknya pernah dengar atau lihat yang namanya Brave Frontier . Biasanya saya dulu selalu skeptis mengenai game-game gratis di Play Store, karena bayangan saya itu hanya akan menjadi game-game pay-to-win (tidak sepenuhnya salah tapi akan saya jelaskan lebih lanjut nanti dibawah), dan jujur bahkan ketika saya melihat teman saya main pun saya masih kurang teryakinkan. Akan tetapi muncul lah suatu saat ketika saya sudah terlalu bosan menyelesaikan tugas akhir semester dan ingin memainkan sesuatu yang bisa menghabiskan waktu-waktu luang saya, dan tentunya teman saya menjawab lagi ‘ Brave Frontier ‘. Dan pada akhirnya, sekarang saya sudah bermain game ini untuk kurang lebih satu tahun.

Pada biasanya saya tidak terlalu suka game-game yang memerlukan obligasi seperti harus main sehari minimal sekali atau semacamnya. Tetapi bisa dibilang game ini adalah satu-satunya yang saya benar-benar tidak bermasalah dengan obligasi tersebut. Mengapa demikian? Ini dia alasan alasan bermain brave frontier

1. Free-to-Play vs Pay-to-Win

Salah satu alasan terbesar mengapa Brave Frontier patut dicoba yaitu karena game ini dapat didapatkan dengan gratis dari Appstore dan Google Play jadi menurut saya tidak ada salahnya juga untuk meng-install game ini. Tapi tidak hanya itu, di dalam game ini ada satu kurs yang sangat berguna untuk berbagai macam hal dinamakan Gem. Tentunya seperti game gratis lainnya, Gem ini dapat dibeli dengan uang asli. Akan tetapi disinilah mengapa alasan ini menjadi suatu faktor penting, untuk mendapatkan Gem tidaklah susah, terkadang ada event-event yang menghadiahkan Gem. Bahkan seringkali pemain mendapatkan Gem sebagai kompensasi bila ada gangguan pada server. Meskipun Gem terasa sangat penting dan langka di game ini, tetapi para developers berhasil mengutarakan kepada para pemain bahwa untuk mendapatkan Gem tidaklah hanya melalui pembelian akan tetapi semakin aktif seorang pemain maka untuk mengkoleksi Gem pun tidak akan menjadi suatu hal yang susah, hanya membutuhkan sedikit kesabaran.

2. Desain Visual

Dari mulai sprite dengan gaya chibi yang menggemaskan ke gambaran level-level yang mendetil sampai efek-efek visual yang dipakai ketika battle membuat Brave Frontier salah satu game dengan visual paling menarik bagi saya. Ini adalah salah satu contoh bahwa meskipun game ini tidak menggunakan model-model 3-Dimensi bukan berarti game ini memiliki desain visual yang kurang baik, inilah bukti bahwa desain 2-Dimensi apabila dieksekusi dengan benar bisa menjadi sesuatu yang jauh lebih berarti daripada 3-Dimensi yang terkesan dipaksakan (contoh lain: RO1 menjadi RO2).

Baca Juga : Fitur Yang Harus Kalian Tahu Jika Ingin Bermain Legacy Of Discord

3. Gameplay Sederhana Yang Tidak Membosankan

Dari segi gameplay, Brave Frontier benar-benar terasa seperti JRPG klasik. Pada dasarnya dalam game ini kita harus membuat squad kita yang berisi 5 unit. Masing-masing unit memiliki cost yang berbeda, dan dari squad kita ada jumlah maksimal cost yang tidak boleh dilebihi. Mekanismenya memakai sistem turn-based dimana kita harus menentukan masing-masing unit kita akan menyerang atau bertahan pada turn kita. Tapi bukan berarti game ini tidak memerlukan strategi. Elemen strategi dalam game ini dapat berguna sekali untuk memasuki dungeon-dungeon yang sulit. Ada juga mekanisme Brave Burst(B8-), yaitu semacam jurus spesial yang dapat dilakukan setiap unit ketika meteran BB mereka sudah penuh. BB berbeda-beda tergantung dengan unitnya, ada BB yang menyerang musuh, ada yang heal squad kamu dan ada juga yang lebih kearah support.

Selain quest, game ini juga memiliki beberapa game mode lain seperti Arena Battle dimana pemain bisa melawan squad pemain lain. Ada juga vortex dimana ada dungeon-dungeon berbeda yang dapat ditantang. Terkadang juga ada event spesial di game ini yang biasanya membawa hadiah yang bagus-bagus dan dapat berguna untuk squad kita.

4. Jumlah Unit

Berdasarkan Brave Frontier Wiki, ada sekitar 8000 unit yang ada di dalam game ini termasuk monster-monster, unit khusus event dan unit khusus untuk fusion. Dan juga, game ini sering merilis kumpulan unit-unit baru, Jadi kemungkinannya akan sangat kecil untuk bertemu satu squad yang sama dengan milikmu. Selain dari itu, masing-masing unit memiliki tipe-nya masing-masing untuk membedakan jenis stat apa yang lebih unggul pada tipe itu. Cara kita mendapatkan unit adalah melalui summon dimana kita bisa memakai 5 Gem untuk summon unit yang langka dan bisa di evolve dari 3 bintang menjadi 5 atau 6 bintang. Namun summon ini tidak bisa kita yang menentukan. Semuanya diacak dari servernya, jadi akan lebih memuaskan apabila kita akhirnya mendapatkan unit yang kita sudah incar lama.

5. Customer Support Yang Baik

Di game ini sayangnya gangguan teknis pada server terkadang-kadang terjadi meskipun tidak sering. Namun, apabila itu adalah sesuatu yang dadakan, biasanya pihak dari Gumi akan memberikan kompensasi kepada para pemain dan ini menurut saya merupakan suatu bentuk dedikasi dari Gumi kepada game ini dan para pemainnya. Kalau kamu Brave Frontier gamer, gimana pendapat kamu?