Cara Membuat Game Android Mudah dan Bisa Bikin Sendiri

Gamesandroid.org –¬†Fenomena game online kini banyak digandrungi oleh anak-anak muda di indonesia. Demam game online melanda banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Para gamer di Indonesia jumlahnya terus bertambah. Perkembangan itu tak terlepas dari peran kecanggihan dari smartphone saat ini.

Terus berkembangnya smartphone memudahkan para pengguna smartphone untuk bermain game. Tren yang sempat ramai dimainkan oleh masyarakat Indonesia adalah Pokemon Go, Clash of Clan, Clash Royale, Mobile Legend dan masih banyak lagi.

Minat anak muda untuk bermain game yang semakin tinggi, tak sedikit orang yang mencoba membuat game sendiri. Walaupun banyak jenis games yang dapat dicari dan didownload di Google Play Store secara gratis.

Ternyata hanya berbekal dengan smartphone Android, kamu juga bisa membuat game sendiri. Enggak perlu keahlian khusus, bahkan beberapa cara membuat game Android tidak membutuhkan coding. Jadi kamu bisa memainkan game kamu sendiri dengan bebas berkreasi.

Berikut cara membuat game android sendiri yang bisa kamu coba.

Pakai Appsgeyser

Cara membuat game Android sendiri yang pertama kamu bisa melalui website Appsgeyser. Langkah-langkahnya sangat mudah untuk kamu ikuti.

1. Kamu buka website appsgeyser.com, lalu klik Create Now.

2. Lalu pilih Other App. Ini adalah halaman untuk kamu membuat game. Karena dalam websiter tersebut tak hanya menyediakan game saja.

3. Kemudian pilih Matching Puzzle.

4. Ini adalah contoh membuat game tentang puzzle. Saat kamu mencoba membeuat game ini, kamu harus sediakan setidaknya 6 gambar yang berbeda untuk kamu jadikan model puzzle.

5. Ganti semua elemen sesuai kebutuhan kamu.

6. Jika sudah, kamu bisa melihat preview terlebih dahaulu. Jika sudah, klik Next.

7. Isi semua langkah sesuai keperluanmu.

8. Kemudian klik Create. Sebelumnya kamu harus memiliki akun Apssgeyser terlebih dahulu agar kamu bisa mengambil file Apk game yang kamu buat tadi.

9. Selesai.

Baca Juga : Game Lucu Android Ini Cocok Temani Hari Harimu

Pakai Quickappninja

Selanjutnya kamu bisa membuat game sendiri melalui Quickappninja. Cara membuat game Android ini pertama kamu harus mendaftar pada situs tersebut. Dalam situs ini tersedia 5 jenis game yang bisa kamu pilih.

5 jenis game yang tersedia itu antara lain menebak gambar, menebak gambar dengan kata, menebak gambar dengan puzzle gambar, merangkai kata-kata dan yang terakhir chat history. Cara membuat game Android ini akan mengambil contoh membuat games menebak gambar dengan kata.

1. Klik pilihan games. Disini akan memilih Guess the Picture atau menebak gambar dengan kata.

2. A kan muncul tampilan mengedit content dan warna game. Beberap ayang perlu diedit adalah icon game, tema game, isi quiz dalam game, suara game, menu game dan lain-lain. Kamu hanya tinggal pilih sesuai dengan keinginanmu.

3. Kemudian kamu akan diminta untuk mengatur source game. Kamu tinggal mengisi nama game, email, ketentuan dan amount of letters.

4. Setelah semuanya selesai, klik Generate Game yang berada di pojok kanan. kamu tinggal menunggu sebelum game bisa didownload dan diupload ke Google Play Store.

5. Selesai.

Di website ini kamu bisa menghasilkan uang dari game yang kamu buat. Syaratnya setelah kamu selesai mengatur source games, kamu pilih Monetization, namun sebelumnya kamu harus memiliki akun di Google AdMob (layanan iklan Google).

Tips membuat game android

Dari contoh cara-cara membuat game Android diatas bisa kamu tiru dengan mudah. Membuat game sendiri ternyata tak harus memerlukan skill coding seperti anggapan orang banyak. Bahkan kamu bisa menghasilkan uang dari hasil game yang kamu buat sendiri jika kamu masukkan ke dalam Google Play Store.

Beberapa situs pembuat game sendiri bisa kamu dapatkan di internet. Situs-situs terbaik untuk membuat game sendiri antara lain Contruct 2 yang merupakan software terbaik untuk kamu yang tak bisa dengan system coding. GameMaker: Studio juga merupakan cara membuat game Android dengan bahasa yang mudah dipahami.

Unity sebagai software pembuat game Android bisa kamu coba juga. Software ini bisa membuat game berbasis 3D dengan mudah, 2D juga bisa. Sostware ini pun gratis kamu gunakan. Godot Game Engine juga perlu kamu coba.

Unreal Engine 4 adalah software pembuat game Android yang cukup rumit. Mungkin bagi pemula agak sedikit kesulitan menggunakan software ini. Di software ini bisa membuat virtual reality, edukasi, arsitektur dan juga film.

Itulah cara membuat game Android yang bisa kamu tiru dan beberapa contoh software pembuat game sendiri bagi kamu yang minim pengetahuan tentang system coding. Semoga artikel cara membuat game Android diatas dapat memberimu inspirasi dan memberikan referensi buat kamu yang ingin mencoba membuat game sendiri.

Selain menjadi penikmat game online, tak ada salahnya kamu mencoba membuat game-mu sendiri dan bisa diupload kedalam Google Play Store.