Games Android Clash Royale

Gamesandroid.org – Clash Royale, game terbaru dari tim pengembangan Supercell, yang akhirnya secara resmi diluncurkan di seluruh dunia setelah berada dalam fase soft launching, sehingga hanya tersedia di beberapa negara di dunia. Clash Royale adalah gim yang menggabungkan gim RTS dan MOBA, dengan gim kartu.

Seperti yang saya katakan, Clash Royale adalah permainan yang dihasilkan dari menggabungkan dua genre yang berbeda. Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara kerja sistem game? Bukankah itu berarti bahwa Clash Royale akan menjadi permainan yang sulit, mengingat bahwa permainan RTS dan MOBA adalah jenis permainan yang membutuhkan reaksi cepat, sedangkan permainan kartu selalu membutuhkan strategi yang serius? Jawabannya cukup mengejutkan, tetapi kenyataannya Clash Royale bukanlah game yang sulit dimainkan.

Sebagai contoh, pada game Hearsthone misalnya, yang merupakan sebuah permainan kartu, game ini memberikan pemain sebuah papan kartu permainan awal yang berisi 30 buah kartu. Hal ini dibuat menjadi lebih sederhana di Clash Royale karena pada Clash Royale, pemain hanya akan berhadapan dengan delapan buah kartu saja. Efeknya, pemain dapat memahami kartu tersebut satu persatu secara lebih baik dibandingkan harus bermain dengan banyak kartu sekaligus.

Sedangkan untuk MOBA, yang ditemui pada game Vainglory, pemain harus bermain sebagai dua tim, masing-masing berjumlah tiga orang, yang saling berhadapan untuk saling menghancurkan menara musuh. Lagi-lagi, Clash Royale membuat sederhana mekanisme ini. Pemain hanya akan bertanding untuk dirinya sendiri, satu lawan satu. Dengan misi yang masih sama, yaitu untuk menghancurkan tiga menara untuk memenangkan pertandingan. Lebih sederhana lagi bahkan karena pemain tetap bisa memenangkan pertandingan dengan hanya menghancurkan satu saja dari antara tiga menara musuh tersebut.

Atau dengan kata lain, bisa ditarik kesimpulan bahwa tim pengembang Supercell telah memberikan sebuah solusi yang sederhana, tidak hanya bagi pemain yang menyukai permainan kartu, tetapi juga bagi pemain yang menyukai sebuah game RTS atau MOBA, dengan menghadirkan sebuah game sederhana dari gabungan beberapa genre permainan. Dan mereka membuatnya dengan baik, sangat baik.

Baca juga : Games Android Fortnite

Misi Utama Clash Royale

Pada Clash Royale, tujuan utama pemain adalah menghancurkan menara musuh untuk memenangkan pertandingan. Namun alih-alih harus menghancurkan ketiga menara, pemain hanya harus menghancurkan satu menara saja. Selain itu, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang sekaligus akan menjadi penghalang utama bagi pemain untuk memenangkan pertandingan.

Hal pertama adalah waktu. Setiap pertandingan mempunyai batas waktu empat menit saja. Dua menit pertama akan diisi dengan tahap permainan awal; Setiap pemain akan menghasilkan elixir secara otomatis dan mereka dapat menggunakan elixir tersebut untuk mengeluarkan kartu pasukan sesuai dengan harga elixir tiap pasukan dan juga jumlah elixir yang mereka miliki saat itu. Setelah dua menit berlangsung dan salah satu pemain berhasil menghancurkan menara lawan, maka pemain tersebut yang akan menjadi pemenangnya.

Jika tidak ada pemain yang berhasil menghancurkan menara lawan, waktu permainan akan bertambah selama satu menit, menjadi total tiga menit. Pada tahap tengah ini, setiap pemain akan menghasilkan dua kali lebih banyak elixir daripada di tahap awal. Pada tahap tengah ini, biasanya pertandingan menjadi semakin panas, karena setiap pemain akan menjadi semakin gencar untuk mengeluarkan pasukannya. Namun apabila pada akhirnya masih belum ada yang bisa menghancurkan salah satu menara dari salah satu pemain, maka permainan akan terus berlanjut ke tahap sudden death, yang sekaligus menjadi tahap akhir permainan.

Pada tahap akhir ini, permainan akan berlangsung selama satu menit saja, menjadikan total permainan secara keseluruhan menjadi empat menit. Pemain pertama yang bisa menghancurkan menara mana pun dari musuh akan keluar sebagai pemenang, dan sebaliknya, jika masih belum ada yang dapat menghancurkan menara musuh dalam waktu empat menit ini maka pertandingan akan dihitung sebagai seri.

Mekanisme Kotak, Kartu dan Uang

Pemain yang memenangkan pertandingan akan mendapatkan sejumlah mahkota yang akan dihitung berdasarkan berapa menara yang berhasil dijatuhkan. Untuk setiap menara ratu yang berhasil dihancurkan berarti pemain telah mengantongi tiga mahkota. Menghancurkan menara raja berarti menghancurkan kedua menara ratu. Sehingga menghancurkan menara raja berarti secara otomatis pemain akan mendapatkan tiga mahkota sekaligus. Harus diingat bahwa peraturan ini tidak berlaku untuk sebaliknya.

Mengumpulkan sepuluh mahkota dalam sehari berarti pemain dapat membuka kotak mahkota yang berisi sejumlah kartu dan juga uang. Kotak? Ya. Setiap beberapa jam pemain akan mendapatkan kotak. Setiap kotak memiliki kelas yang berbeda, semakin baik kotak maka semakin baik kartu yang berada di dalamnya, tetapi juga waktu yang dibutuhkan untuk membuka kotak akan menjadi lebih lama.

Kartu yang pemain dapatkan dari kotak sifatnya acak, sehingga sangat memungkinkan bagi pemain untuk mendapatkan beberapa kartu yang sama. Tapi tidak perlu khawatir, karena kartu pasukan yang sama dapat digunakan untuk menaikkan level dari pasukan itu sendiri. Semakin banyak kartu pasukan yang sama terkumpul, maka pasukan tersebut akan menjadi lebih kuat. Dan semakin banyak kartu pasukan yang naik level, maka pemain juga akan secara otomatis naik level juga mengikuti perkembangan dari para pasukan.

Selain kartu, pemain juga harus membayar sejumlah uang untuk dapat menaikkan level dari pasukan. Uang ini tidak banyak jumlahnya di awal, namun semakin besar level dari kartu pasukan, maka semakin banyak uang yang harus pemain keluarkan untuk menaikkan level pasukan tersebut.