KungFu Quest: The Jade Tower

Gamesandroid.org – Tahun ini adalah tahun yang produktif bagi para pengembang game Indonesia. Kami telah melihat beberapa taman bermain nasional dalam beberapa bulan terakhir dan hari ini kami akan pergi ke KungFu Quest. Game ini mungkin adalah game aksi gulir samping yang benar-benar mengingatkan saya pada gim Nintendo, tapi saya lupa judul permainannya.

Gameplay
Kamu akan berperan sebagai seorang petarung KungFu yang kembali ke masa lalu untuk mengalahkan rencana jahat Chong Lee. Tapi sang Chong Lee ini berada di puncak sebuah menara yang sangat tinggi dan kamu harus mengalahkan begitu banyak petarung lain dalam sebuah lantai untuk dapat terus naik ke lantai berikutnya.

Boss Fight? Sudah pasti, setiap 4 lantai yang berhasil kamu kalahkan maka kamu akan bertemu sebuah boss yang cukup kuat dan mempunyai tipe serangan yang unik. Kamu bisa menggerakkan karakter ke kiri dan ke kanan dan juga memukul dan melompat. Semua itu bisa dilakukan dengan empat tombol yang disediakan.

Musuh akan datang dari sisi kiri dan kanan dan kamu harus memastikan bawah diri kamu tidak terjebak di tengah karena jika sudah begitu maka kamu akan terkena pukulan bertubi-tubi dari musuh. Namun kamu bisa tap kiri atau kanan dua kali secara cepat dan sang karakter kita akan melakukan rolling dan keluar dari “amukan masa”.

Rolling ini sangat berperan penting dan terkadang menjadi penentu keberhasilan kamu dalam mengalahkan satu level. Sebuah level dikatakan selesai jika kamu sudah berjalan sampai ujung dan menghabisi semua musuh yang ada dalam lantai tersebut.

Baca juga : Game Fishing Town

Yang terbilang unik dari game ini adalah bagian kustomisasi karakternya. Bukan saja kamu dapat mengganti aksesoris kepala dan baju tapi kamu juga dapat melakukan kustomisasi kombo. Setiap kamu menekan tombol serangan secara terus menerus maka sang karakter kita akan mengeksekusi 4-5 gerakan. Kamu dapat membuat sendiri kombo dengan memilih 4-5 gerakan dari 19 tipe serangan yang disediakan oleh game ini.

Selain mode utamanya dimana kamu harus mengalahkan 36 lantai untuk mencapai boss terakhir kamu juga dapat bermain mode challenge dimana kamu akan diberikan tantangan tertentu seperti memantulkan pisau yang dilempar selama 60 detik atau memukul musuh tanpa terkena serangan. Setiap tantangan yang berhasil kamu hadapi akan memberikan kamu sejumlah uang untuk dibelikan baju.

Overall gameplaynya cukup simple dan fun, namun saya merasa kontrolnya seharusnya bisa lebih responsif lagi karena itu akan membuat gameplay experiencenya semakin baik.

Presentation
KungFu Quest menggunakan grafis 2D yang terbilang baik. Lingkungan digambarkan dengan detail dengan kualitas yang bagus namun sayangnya karakter kita justru tidak terlalu detail. Bagian wajah karakter utama kita tidak digambarkan dengan detail hanya berupa wajah dengan bayangan.

Navigasi dalam KungFu Quest sedikit laggy dan membutuhkan loading yang lama. Contohnya jika saya mencoba untuk mengganti baju saya dengan baju Bruce Lee (yang terlihat keren btw) maka butuh sekitar 4 detik load/hang sebelum bajunya berganti. Untungnya selama dalam in-game tidak ada lag sama sekali.

Pricing & IAP
KungFu Quest tersedia secara gratis untuk 5 level pertama (4 level biasa dan 1 level boss). Selanjutnya kamu dapat membuka game ini dengan harga Rp. 9.500. Saya pikir untuk sebuah game karya anak bangsa maka Kungfu Quest adalah game yang benar-benar worth dibeli, malah kamu akan mendapatkan bonus gold tambahan jika membeli full version game ini.

Verdict
KungFu Quest adalah game yang terdengar simple namun terkadang dapat membuat frustrasi juga jika sudah terkena kepungan musuh dari kiri dan kanan. Game ini membutuhkan kontrol yang lebih responsif untuk dapat dinikmati lebih mantap. Saya belum bisa memberikan nilai yang tinggi karena menurut saya kontrol adalah bagian yang penting dalam game bergenre seperti ini. Namun jika sang developer melakukan update di masa mendatang untuk mengatasi hal ini maka KungFu Quest akan mendapatkan nilai 4 dengan mudah dari saya. Akhir kata download KungFu Quest dan dukung kemajuan game karya anak bangsa.