Monument Valley

Gamesandroid.org – Kehadiran game ini berhasil membawa angin segar ke game mobile. Monument Valley adalah gim yang mengesankan, gim yang terlalu indah untuk diungkapkan dengan kata-kata. Saya tidak sesumbar, Anda dapat menemukan alasannya sendiri melalui ulasan selanjutnya.

Monument Valley adalah game puzzle adventure yang menceritakan petualangan Ida, seorang putri dalam pencarian jati dirinya. Monument Valley bukanlah sebuah game yang menekankan pada unsur cerita, melainkan keindahan grafis dan jenis puzzle-nya lah yang menjadi unsur terkuat dalam game ini. Dengan kontrol tap to move, petualangan kamu akan dimulai dengan berjalan pada suatu path yang dibuat dengan sangat-sangat cerdas. Path ini digambarkan sesuai konsep impossible object, jenis ilusi optik yang menginterpretasikan objek 2 dimensi menjadi objek 3 dimensi. Bingung? Cek gambar di bawah ini untuk memberikan gambaran yang lebih jelas.

Hampir setiap level yang kamu jumpai dalam Monument Valley akan menggunakan impossible object sebagai core puzzle-nya. Ilusi optik yang satu ini menuntut cara pikir dan pandang yang berbeda dari setiap arah. Sebagai contoh: pada level 5, kamu belum bisa melihat dengan jelas, tangga yang ada terdiri atas potongan-potongan platform. Namun setelah kamu memutar bangunan tersebut dengan benar, kamu bisa melihat bahwa potongan-potongan tadi akan menjadi satu kesatuan utuh menjadi sebuah tangga. Sudut pandang kamu dalam melihat akan menentukkan posisi bentuk yang terlihat.

Selain impossible object, kamu juga menemukan yang namanya tombol di sini. Tombol ini berfungsi membuka path/objek tersembunyi lainnya yang bermanfaat untuk membuka langkah selanjutnya dari puzzle yang ada. Kamu juga akan menemukan 2 jenis alat pemutar platform, jenis pertama adalah pemutar yang bisa diputar kapan saja kamu mau. Sedangkan jenis kedua adalah pemutar yang hanya bisa diputar tanpa kehadiran Ida di atas platform yang diputar.

Baca juga : Trik Terbaik Bermain Fortnite Mobile

Kamu tidak bisa game over dalam Monument Valley, namun nampaknya sebuah game akan kurang menarik tanpa kehadiran sosok antagonis. Ya, di sini Ida memiliki penghalang berupa burung gagak hitam. Meskipun gagak ini adalah penghalang, gagak hitam tidak akan membuat kamu game over. Mereka hanya akan menghalangi langkah kamu saja. Yang lebih menarik, ada kalanya kamu justru diharuskan memanfaatkan gagak hitam ini untuk membantu Ida bergerak ke scene selanjutnya.

Tidak ada spoiler yang akan saya berikan di sini. Ini adalah game tentang pengalaman berkesan yang harus kamu nikmati sendiri, nikmatilah detik demi detik bagaimana kamu menyelesaikan setiap levelnya dengan santai. Setiap level yang ada pada Monument Valley dibuat unik dan berbeda, kamu tidak akan merasakan yang namanya repetitif di sini. Semua alur puzzle sudah dirancang dengan cerdas dan tidak semua puzzle digambarkan dalam satu adegan (scene), kamu bisa saja harus menyelesaikan beberapa puzzle terlebih dahulu untuk dapat membuka puzzle selanjutnya.

Monument Valley mungkin bukanlah game yang bisa kamu mainkan untuk jangka waktu panjang. Jumlah level dalam Monument Valley memang tidak banyak, hanya 10 saja. Namun sebagian besar level terdiri lebih dari 1 scene. Kamu yang berotak jenius akan bisa menamatkan game ini hanya dalam waktu 90 menit saja bahkan kurang, dimana lama waktu untuk menyelesaikan setiap levelnya berkisar antara 1-15 menit bergantung tingkat kesulitan level dan skill kamu dalam bermain.

Untuk segi presentasi, kualitas grafis Monument Valley tidak perlu diragukan lagi. Pewarnaan grafis 2D yang halus, penggambaran air dengan gaya low poly dan tentu saja presentasi impossible object yang jenius membuat saya tidak bisa tidak memberikan nilai sempurna untuk grafis game ini. Monument Valley adalah game yang benar-benar berkualitas baik dari segi gameplay maupun presentasinya. Sehingga tidak salah jika ia dinobatkan menjadi salah satu kandidat terkuat GOTY 2014 (game of the year).

Monument Valley bisa kamu download seharga Rp 45.000 pada Apple App Store sekarang juga dan menyusul untuk versi Android-nya. Pertanyaannya apakah Rp 45.000 harga yang sesuai untuk sebuah game berdurasi 90 menit? Jawabannya, jika kamu mencari sebuah pengalaman berkesan yang singkat namun mendalam, kamu pemilik iOS device wajib mencoba game ini paling tidak sekali seumur hidup :p. Namun bagi kamu yang selalu mengeluh tentang playtime, maaf kamu baru saja melewatkan salah satu game puzzle adventure terbaik di tahun 2014.